Latihan BAB 1-2
🕹️ Pengembangan Game Scratch Lanjutan
Topik: Level, Skor, Timer
1. Fungsi utama variabel Skor dalam game adalah…
A. Menentukan kecepatan karakter
B. Mengukur waktu bermain
C. Menunjukkan jumlah poin pemain
D. Menampilkan nyawa pemain
✅ Jawaban: C
2. Untuk menambah skor setiap kali karakter menyentuh musuh, blok yang tepat adalah…
A. change skor by 1
B. set skor to 1
C. repeat skor
D. if skor = 1 then
✅ Jawaban: A
3. Blok “when green flag clicked” berfungsi untuk…
A. Mengulang skrip tanpa henti
B. Memulai skrip saat tombol hijau ditekan
C. Menghapus semua variabel
D. Mengakhiri permainan
✅ Jawaban: B
4. Untuk membuat level baru, kita bisa menggunakan…
A. Kostum baru pada sprite
B. Backdrop baru pada panggung
C. Suara baru di sprite
D. Variabel score
✅ Jawaban: B
5. Jika ingin membuat timer mundur dari 60 detik, gunakan blok…
A. set timer to 60 lalu change timer by -1
B. repeat 60
C. wait 1 seconds
D. reset timer
✅ Jawaban: A
6. Blok if skor = 10 then biasanya digunakan untuk…
A. Mengakhiri permainan
B. Menambah kecepatan musuh
C. Berpindah ke level berikutnya
D. Menurunkan skor
✅ Jawaban: C
7. Untuk menampilkan nilai skor di layar, gunakan…
A. show variable skor
B. say skor
C. broadcast skor
D. hide skor
✅ Jawaban: A
8. Variabel dalam Scratch dapat menyimpan…
A. Hanya angka
B. Hanya teks
C. Angka dan teks
D. Gambar
✅ Jawaban: C
9. Untuk mengatur waktu permainan 1 menit, kita perlu variabel…
A. Level
B. Timer
C. Nyawa
D. Waktu total
✅ Jawaban: B
10. Blok broadcast "Next Level" berfungsi untuk…
A. Mengirim pesan ke sprite lain
B. Menghapus sprite
C. Mengubah warna panggung
D. Mengatur ulang skor
✅ Jawaban: A
11. Agar skor direset setiap game dimulai, gunakan…
A. set skor to 0
B. change skor by 0
C. delete skor
D. hide skor
✅ Jawaban: A
12. Timer dapat dihentikan dengan…
A. stop all
B. hide timer
C. set timer to 0
D. pause game
✅ Jawaban: A
13. Fungsi wait 1 seconds dalam timer adalah…
A. Menghitung waktu dengan tepat
B. Menunda update skor
C. Membuat sprite berhenti
D. Menghapus timer
✅ Jawaban: A
14. Untuk menampilkan pesan “Game Over”, gunakan…
A. say "Game Over"
B. show variable skor
C. set skor to 0
D. repeat until skor = 0
✅ Jawaban: A
15. Agar level makin sulit, maka…
A. Kurangi waktu atau tambah kecepatan musuh
B. Hapus musuh
C. Tambah warna
D. Hentikan permainan
✅ Jawaban: A
16. repeat until timer = 0 berarti…
A. Game terus berjalan
B. Game berhenti saat waktu habis
C. Timer berhenti di 1
D. Skor berkurang
✅ Jawaban: B
17. Variabel nyawa digunakan untuk menghitung jumlah…
A. Skor
B. Kehidupan pemain
C. Level
D. Musuh
✅ Jawaban: B
18. if touching sprite "Enemy" then change nyawa by -1 artinya…
A. Menambah nyawa
B. Mengurangi nyawa
C. Menghapus sprite
D. Menambah skor
✅ Jawaban: B
19. Jika timer mencapai 0, maka game…
A. Berlanjut
B. Restart otomatis
C. Menampilkan pesan Game Over
D. Menambah skor
✅ Jawaban: C
20. Untuk membuat level dengan latar berbeda gunakan…
A. switch backdrop to [nama backdrop]
B. switch costume to [nama kostum]
C. next costume
D. hide backdrop
✅ Jawaban: A
21. Fungsi forever dalam Scratch adalah…
A. Mengulang aksi selamanya
B. Menjalankan aksi sekali
C. Menghapus sprite
D. Menghentikan timer
✅ Jawaban: A
22. wait until skor > 20 digunakan untuk…
A. Menunggu skor mencapai 20 sebelum lanjut
B. Menghentikan game
C. Mengatur ulang skor
D. Menambah timer
✅ Jawaban: A
23. Level meningkat ketika…
A. Pemain kalah
B. Waktu habis
C. Skor mencapai batas tertentu
D. Sprite berhenti
✅ Jawaban: C
24. Untuk memutar musik saat naik level, gunakan…
A. play sound [nama] until done
B. change score by 1
C. broadcast sound
D. show sound
✅ Jawaban: A
25. Untuk menampilkan waktu mundur di layar gunakan…
A. say join (timer) " seconds left"
B. show variable skor
C. repeat timer
D. reset timer
✅ Jawaban: A
26. Agar game bisa diulang setelah selesai, gunakan…
A. broadcast "Restart"
B. hide all
C. forever
D. stop all
✅ Jawaban: A
27. Untuk ubah kecepatan sprite berdasarkan level gunakan…
A. set speed to level * 2
B. repeat level
C. if skor = level
D. hide level
✅ Jawaban: A
28. Fungsi reset timer adalah…
A. Mengatur timer ke 0
B. Menghapus timer
C. Menampilkan timer
D. Menambah waktu
✅ Jawaban: A
29. Variabel bawaan untuk menghitung waktu di Scratch adalah…
A. timer
B. clock
C. time left
D. second
✅ Jawaban: A
30. stop all artinya…
A. Menghentikan semua skrip di proyek
B. Menghapus variabel
C. Mengulang level
D. Menyembunyikan sprite
✅ Jawaban: A
31. repeat until skor = 100 artinya…
A. Ulangi sampai skor 100
B. Ulangi 100 kali
C. Skor berhenti di 100
D. Hapus skor
✅ Jawaban: A
32. Untuk menampilkan Level 2, gunakan…
A. say "Level 2"
B. switch backdrop to "Level 2"
C. broadcast "Level 2"
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
33. set level to 1 digunakan untuk…
A. Mengatur level awal
B. Menambah level
C. Menghapus level
D. Menampilkan teks
✅ Jawaban: A
34. change level by 1 berarti…
A. Menambah satu level
B. Mengurangi satu level
C. Mengulang level
D. Menghapus skor
✅ Jawaban: A
35. Saat waktu habis, game biasanya menampilkan…
A. Pesan hasil akhir
B. Panggung kosong
C. Sprite hilang
D. Musik berhenti
✅ Jawaban: A
36. Fungsi utama variabel timer adalah…
A. Menghitung skor
B. Mengatur waktu permainan
C. Mengganti level
D. Menambah nyawa
✅ Jawaban: B
37. hide variable skor digunakan untuk…
A. Menyembunyikan tampilan skor
B. Menghapus skor
C. Menambah skor
D. Menyimpan skor
✅ Jawaban: A
38. Jika ingin memberi batas waktu 30 detik, maka set timer ke…
A. 60
B. 30
C. 10
D. Tak terbatas
✅ Jawaban: B
39. Untuk menampilkan pesan akhir permainan, gunakan blok…
A. say
B. switch backdrop
C. stop all
D. change score
✅ Jawaban: A
40. Untuk mengatur ulang semua nilai di awal, gunakan…
A. set skor to 0 dan set level to 1
B. reset timer
C. stop all
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
41. Blok broadcast digunakan untuk…
A. Mengirim pesan antar sprite
B. Menghapus variabel
C. Menambah nyawa
D. Menyembunyikan sprite
✅ Jawaban: A
42. Jika pemain menyentuh musuh, maka nyawa bisa…
A. Bertambah
B. Berkurang
C. Tetap
D. Menambah skor
✅ Jawaban: B
43. Untuk membuat sistem waktu naik (timer naik), gunakan blok…
A. change waktu by 1
B. change waktu by -1
C. set waktu to 0
D. hide waktu
✅ Jawaban: A
44. Blok wait 1 seconds sering dipakai dalam…
A. Timer
B. Perulangan
C. Animasi
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
45. Untuk berpindah antar level secara otomatis, gunakan kombinasi…
A. if skor >= batas then broadcast "Next Level"
B. set skor to 0
C. hide variable skor
D. reset timer
✅ Jawaban: A
46. Game akan lebih menarik jika disertai…
A. Efek suara dan musik
B. Warna hitam putih
C. Sprite diam
D. Tanpa skor
✅ Jawaban: A
47. Level biasanya menunjukkan…
A. Jumlah pemain
B. Tingkat kesulitan permainan
C. Waktu permainan
D. Banyak sprite
✅ Jawaban: B
48. Untuk menampilkan waktu tersisa di layar, gunakan…
A. Variabel timer
B. Variabel level
C. Variabel skor
D. Broadcast
✅ Jawaban: A
49. Agar pemain tahu waktu hampir habis, tambahkan…
A. Efek suara peringatan
B. Nyawa tambahan
C. Sprite baru
D. Level baru
✅ Jawaban: A
50. Sistem skor, level, dan timer digunakan agar game menjadi…
A. Lebih interaktif dan menantang
B. Membosankan
C. Lambat
D. Tidak bisa dimainkan
✅ Jawaban: A
🧠 Bab 2 – Membuat Kuis Interaktif dengan Scratch
1. Apa tujuan utama membuat kuis interaktif di Scratch?
A. Untuk bermain musik
B. Untuk menampilkan animasi
C. Untuk menguji pengetahuan pengguna dengan cara interaktif
D. Untuk menggambar sprite
✅ Jawaban: C
2. Komponen utama yang dibutuhkan dalam kuis interaktif adalah…
A. Sprite, backdrop, variabel, dan pesan
B. Hanya sprite
C. Hanya musik
D. Hanya backdrop
✅ Jawaban: A
3. Pertanyaan dan jawaban di Scratch biasanya disimpan menggunakan…
A. Variabel
B. List (daftar)
C. Kostum
D. Broadcast
✅ Jawaban: B
4. Blok ask [pertanyaan] and wait digunakan untuk…
A. Memberi perintah kepada sprite
B. Mengajukan pertanyaan ke pemain
C. Menghitung skor
D. Menampilkan pesan
✅ Jawaban: B
5. Jawaban dari blok ask ... and wait disimpan di…
A. Variabel answer
B. Variabel score
C. Variabel input
D. List pertanyaan
✅ Jawaban: A
6. Blok if <(answer) = [benar]> then digunakan untuk…
A. Menentukan apakah jawaban pemain benar
B. Menambah pertanyaan
C. Menghapus skor
D. Mengganti sprite
✅ Jawaban: A
7. Untuk menambah poin jika jawaban benar, gunakan blok…
A. change skor by 1
B. set skor to 1
C. hide skor
D. reset skor
✅ Jawaban: A
8. Agar program berpindah ke pertanyaan berikutnya, gunakan blok…
A. broadcast "next question"
B. stop all
C. hide variable skor
D. play sound
✅ Jawaban: A
9. Blok say "Benar!" for 2 seconds digunakan untuk…
A. Menampilkan respons jika jawaban benar
B. Menambah skor
C. Menghapus sprite
D. Menjalankan suara
✅ Jawaban: A
10. Untuk memberi tahu bahwa jawaban salah, gunakan…
A. say "Salah!"
B. change skor by -1
C. broadcast "ulang"
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
11. Agar kuis dimulai dari awal, gunakan blok…
A. when green flag clicked
B. stop all
C. broadcast "start"
D. forever
✅ Jawaban: A
12. Skor pemain biasanya ditampilkan dengan…
A. Variabel skor
B. Sprite skor
C. List hasil
D. Backdrop skor
✅ Jawaban: A
13. Jika ingin menambahkan lebih dari satu pertanyaan, cara terbaik adalah dengan…
A. Menggunakan list pertanyaan dan jawaban
B. Menulis blok ask berulang kali
C. Menggunakan satu variabel
D. Mengganti sprite
✅ Jawaban: A
14. Fungsi join [Jawaban kamu: ] (answer) adalah…
A. Menggabungkan teks dengan jawaban pemain
B. Menampilkan pertanyaan
C. Menambah skor
D. Menghapus teks
✅ Jawaban: A
15. Untuk menampilkan nilai akhir, gunakan…
A. say join [Skor kamu: ] (skor)
B. broadcast "finish"
C. show variable skor
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
16. “Feedback interaktif” artinya…
A. Pemain bisa memberi komentar
B. Game memberikan tanggapan otomatis terhadap jawaban
C. Pemain harus mengetik ulang pertanyaan
D. Sprite berhenti bergerak
✅ Jawaban: B
17. Agar kuis tidak berulang terus, gunakan blok…
A. repeat until <pertanyaan selesai>
B. forever
C. stop all
D. hide all
✅ Jawaban: A
18. Untuk menambahkan efek suara saat menjawab benar, gunakan…
A. play sound [benar] until done
B. broadcast "sound"
C. say "benar"
D. stop all
✅ Jawaban: A
19. Untuk memulai pertanyaan baru setelah jawaban benar, gunakan…
A. broadcast "Next"
B. repeat
C. wait 2 seconds
D. reset timer
✅ Jawaban: A
20. Fungsi broadcast dalam kuis adalah…
A. Mengirim pesan ke sprite lain
B. Menghapus variabel
C. Menambah pertanyaan
D. Mengatur warna
✅ Jawaban: A
21. Blok “wait 1 seconds” sering digunakan untuk…
A. Memberi jeda antar pertanyaan
B. Menghitung waktu bermain
C. Menghapus skor
D. Menambah level
✅ Jawaban: A
22. Kuis interaktif Scratch termasuk jenis game…
A. Edukasi
B. Petualangan
C. Balapan
D. Musik
✅ Jawaban: A
23. Variabel nomorPertanyaan digunakan untuk…
A. Menentukan urutan pertanyaan
B. Menyimpan skor
C. Menyimpan jawaban
D. Menyimpan nama pemain
✅ Jawaban: A
24. Agar kuis menampilkan skor akhir, gunakan kombinasi…
A. say join [Skor akhir: ] (skor) dan stop all
B. repeat until
C. forever
D. broadcast "mulai"
✅ Jawaban: A
25. Jika pemain menjawab salah, kita bisa membuat sprite…
A. Berkata “Salah!”
B. Mengeluarkan suara buzzer
C. Tidak menambah skor
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
26. Untuk membatasi jumlah pertanyaan, gunakan blok…
A. repeat (jumlahPertanyaan)
B. forever
C. broadcast "selesai"
D. stop all
✅ Jawaban: A
27. Untuk menampilkan nama pemain, buat variabel bernama…
A. nama
B. pemain
C. input
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
28. Blok “ask [Siapa namamu?] and wait” digunakan untuk…
A. Menyimpan nama pemain
B. Menampilkan pertanyaan
C. Menghapus jawaban
D. Mengatur skor
✅ Jawaban: A
29. Untuk menambahkan pertanyaan baru, sebaiknya…
A. Menambah elemen baru pada list
B. Mengganti sprite
C. Menghapus variabel
D. Membuat blok baru
✅ Jawaban: A
30. Agar tampilan kuis menarik, tambahkan…
A. Backdrop dan sprite pendukung
B. Banyak teks
C. Timer panjang
D. Sprite kosong
✅ Jawaban: A
31. Jika pemain menjawab cepat, bisa diberikan…
A. Bonus skor
B. Penalti
C. Waktu tambahan
D. Tidak ada efek
✅ Jawaban: A
32. Untuk memberi batas waktu menjawab, gunakan variabel…
A. Timer
B. Skor
C. Level
D. Jawaban
✅ Jawaban: A
33. Jika waktu habis sebelum menjawab, maka…
A. Jawaban dianggap salah
B. Skor bertambah
C. Game berhenti
D. Timer direset
✅ Jawaban: A
34. Fungsi reset timer adalah…
A. Mengatur waktu ke 0
B. Menghapus variabel
C. Menghentikan skor
D. Mengganti pertanyaan
✅ Jawaban: A
35. Untuk memastikan jawaban tidak sensitif huruf besar-kecil, gunakan operator…
A. to lower case (dengan ekstensi tambahan)
B. =
C. join
D. contains
✅ Jawaban: D
36. Agar kuis tidak berhenti di tengah, gunakan struktur…
A. repeat until
B. forever
C. broadcast
D. stop all
✅ Jawaban: A
37. “User-friendly” berarti…
A. Mudah digunakan pemain
B. Rumit dijalankan
C. Hanya untuk ahli
D. Tidak ada tampilan
✅ Jawaban: A
38. Fungsi utama list jawabanBenar adalah…
A. Menyimpan semua jawaban benar untuk dicocokkan
B. Menyimpan skor
C. Menyimpan waktu
D. Menyimpan pertanyaan
✅ Jawaban: A
39. Jika pemain menjawab semua pertanyaan, game akan…
A. Menampilkan skor akhir
B. Restart
C. Diam saja
D. Menambah pertanyaan baru otomatis
✅ Jawaban: A
40. Untuk menghapus semua data skor sebelum kuis dimulai, gunakan…
A. set skor to 0
B. delete all of [list]
C. reset timer
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
41. Untuk membatasi durasi kuis (misal 60 detik), gunakan…
A. Variabel timer
B. wait 60 seconds
C. broadcast "end"
D. hide all
✅ Jawaban: A
42. if <answer = item (nomorPertanyaan) of [jawabanBenar]> then artinya…
A. Membandingkan jawaban pemain dengan kunci jawaban
B. Menghapus list
C. Mengatur skor
D. Mengganti pertanyaan
✅ Jawaban: A
43. Untuk membuat kuis yang bisa diulang, tambahkan…
A. broadcast "ulang" di akhir
B. stop all
C. wait 10 seconds
D. hide sprite
✅ Jawaban: A
44. Untuk menampilkan hasil akhir dengan nilai A/B/C, gunakan blok…
A. if then else
B. join
C. say
D. Semua benar
✅ Jawaban: D
45. Jika ingin menampilkan suara berbeda untuk benar dan salah, gunakan…
A. Dua blok play sound berbeda
B. Satu blok saja
C. Variabel sound
D. reset timer
✅ Jawaban: A
46. Kuis interaktif termasuk contoh penerapan…
A. Algoritma percabangan
B. Looping tanpa akhir
C. Variabel konstanta
D. Sprite pasif
✅ Jawaban: A
47. Tujuan penggunaan list dalam kuis adalah…
A. Menyimpan banyak data pertanyaan dan jawaban
B. Menyimpan satu nilai
C. Menghapus sprite
D. Mengganti backdrop
✅ Jawaban: A
48. Blok “next costume” bisa digunakan untuk…
A. Mengganti tampilan sprite tiap pertanyaan
B. Mengganti pertanyaan
C. Menghapus skor
D. Mengatur ulang timer
✅ Jawaban: A
49. Untuk menampilkan hasil total pertanyaan dan benar dijawab, gunakan…
A. say join [Benar:] (skor) join [ dari ] (jumlahPertanyaan)
B. hide variable skor
C. broadcast "end"
D. set skor to 0
✅ Jawaban: A
50. Tujuan akhir dari membuat kuis interaktif di Scratch adalah…
A. Mengasah logika dan kreativitas dalam pemrograman
B. Membuat game aksi
C. Menggambar sprite
D. Mengedit musik
✅ Jawaban: A
Keren dan berguna banget soalnya
ReplyDeleteKeren dan berguna untuk ulangan
ReplyDeleteSangat bagus soalnya bisa latih sebelum UH
ReplyDeletekeren banget sangat kreatif
ReplyDeleteBermanfaat dan berguna untuk indonesia dari labschool
ReplyDelete