Latihan BAB 1-2

 


🕹️ Pengembangan Game Scratch Lanjutan

Topik: Level, Skor, Timer


1. Fungsi utama variabel Skor dalam game adalah…
A. Menentukan kecepatan karakter
B. Mengukur waktu bermain
C. Menunjukkan jumlah poin pemain
D. Menampilkan nyawa pemain

Jawaban: C


2. Untuk menambah skor setiap kali karakter menyentuh musuh, blok yang tepat adalah…
A. change skor by 1
B. set skor to 1
C. repeat skor
D. if skor = 1 then

Jawaban: A


3. Blok “when green flag clicked” berfungsi untuk…
A. Mengulang skrip tanpa henti
B. Memulai skrip saat tombol hijau ditekan
C. Menghapus semua variabel
D. Mengakhiri permainan

Jawaban: B


4. Untuk membuat level baru, kita bisa menggunakan…
A. Kostum baru pada sprite
B. Backdrop baru pada panggung
C. Suara baru di sprite
D. Variabel score

Jawaban: B


5. Jika ingin membuat timer mundur dari 60 detik, gunakan blok…
A. set timer to 60 lalu change timer by -1
B. repeat 60
C. wait 1 seconds
D. reset timer

Jawaban: A


6. Blok if skor = 10 then biasanya digunakan untuk…
A. Mengakhiri permainan
B. Menambah kecepatan musuh
C. Berpindah ke level berikutnya
D. Menurunkan skor

Jawaban: C


7. Untuk menampilkan nilai skor di layar, gunakan…
A. show variable skor
B. say skor
C. broadcast skor
D. hide skor

Jawaban: A


8. Variabel dalam Scratch dapat menyimpan…
A. Hanya angka
B. Hanya teks
C. Angka dan teks
D. Gambar

Jawaban: C


9. Untuk mengatur waktu permainan 1 menit, kita perlu variabel…
A. Level
B. Timer
C. Nyawa
D. Waktu total

Jawaban: B


10. Blok broadcast "Next Level" berfungsi untuk…
A. Mengirim pesan ke sprite lain
B. Menghapus sprite
C. Mengubah warna panggung
D. Mengatur ulang skor

Jawaban: A


11. Agar skor direset setiap game dimulai, gunakan…
A. set skor to 0
B. change skor by 0
C. delete skor
D. hide skor

Jawaban: A


12. Timer dapat dihentikan dengan…
A. stop all
B. hide timer
C. set timer to 0
D. pause game

Jawaban: A


13. Fungsi wait 1 seconds dalam timer adalah…
A. Menghitung waktu dengan tepat
B. Menunda update skor
C. Membuat sprite berhenti
D. Menghapus timer

Jawaban: A


14. Untuk menampilkan pesan “Game Over”, gunakan…
A. say "Game Over"
B. show variable skor
C. set skor to 0
D. repeat until skor = 0

Jawaban: A


15. Agar level makin sulit, maka…
A. Kurangi waktu atau tambah kecepatan musuh
B. Hapus musuh
C. Tambah warna
D. Hentikan permainan

Jawaban: A


16. repeat until timer = 0 berarti…
A. Game terus berjalan
B. Game berhenti saat waktu habis
C. Timer berhenti di 1
D. Skor berkurang

Jawaban: B


17. Variabel nyawa digunakan untuk menghitung jumlah…
A. Skor
B. Kehidupan pemain
C. Level
D. Musuh

Jawaban: B


18. if touching sprite "Enemy" then change nyawa by -1 artinya…
A. Menambah nyawa
B. Mengurangi nyawa
C. Menghapus sprite
D. Menambah skor

Jawaban: B


19. Jika timer mencapai 0, maka game…
A. Berlanjut
B. Restart otomatis
C. Menampilkan pesan Game Over
D. Menambah skor

Jawaban: C


20. Untuk membuat level dengan latar berbeda gunakan…
A. switch backdrop to [nama backdrop]
B. switch costume to [nama kostum]
C. next costume
D. hide backdrop

Jawaban: A


21. Fungsi forever dalam Scratch adalah…
A. Mengulang aksi selamanya
B. Menjalankan aksi sekali
C. Menghapus sprite
D. Menghentikan timer

Jawaban: A


22. wait until skor > 20 digunakan untuk…
A. Menunggu skor mencapai 20 sebelum lanjut
B. Menghentikan game
C. Mengatur ulang skor
D. Menambah timer

Jawaban: A


23. Level meningkat ketika…
A. Pemain kalah
B. Waktu habis
C. Skor mencapai batas tertentu
D. Sprite berhenti

Jawaban: C


24. Untuk memutar musik saat naik level, gunakan…
A. play sound [nama] until done
B. change score by 1
C. broadcast sound
D. show sound

Jawaban: A


25. Untuk menampilkan waktu mundur di layar gunakan…
A. say join (timer) " seconds left"
B. show variable skor
C. repeat timer
D. reset timer

Jawaban: A


26. Agar game bisa diulang setelah selesai, gunakan…
A. broadcast "Restart"
B. hide all
C. forever
D. stop all

Jawaban: A


27. Untuk ubah kecepatan sprite berdasarkan level gunakan…
A. set speed to level * 2
B. repeat level
C. if skor = level
D. hide level

Jawaban: A


28. Fungsi reset timer adalah…
A. Mengatur timer ke 0
B. Menghapus timer
C. Menampilkan timer
D. Menambah waktu

Jawaban: A


29. Variabel bawaan untuk menghitung waktu di Scratch adalah…
A. timer
B. clock
C. time left
D. second

Jawaban: A


30. stop all artinya…
A. Menghentikan semua skrip di proyek
B. Menghapus variabel
C. Mengulang level
D. Menyembunyikan sprite

Jawaban: A


31. repeat until skor = 100 artinya…
A. Ulangi sampai skor 100
B. Ulangi 100 kali
C. Skor berhenti di 100
D. Hapus skor

Jawaban: A


32. Untuk menampilkan Level 2, gunakan…
A. say "Level 2"
B. switch backdrop to "Level 2"
C. broadcast "Level 2"
D. Semua benar

Jawaban: D


33. set level to 1 digunakan untuk…
A. Mengatur level awal
B. Menambah level
C. Menghapus level
D. Menampilkan teks

Jawaban: A


34. change level by 1 berarti…
A. Menambah satu level
B. Mengurangi satu level
C. Mengulang level
D. Menghapus skor

Jawaban: A


35. Saat waktu habis, game biasanya menampilkan…
A. Pesan hasil akhir
B. Panggung kosong
C. Sprite hilang
D. Musik berhenti

Jawaban: A


36. Fungsi utama variabel timer adalah…
A. Menghitung skor
B. Mengatur waktu permainan
C. Mengganti level
D. Menambah nyawa

Jawaban: B


37. hide variable skor digunakan untuk…
A. Menyembunyikan tampilan skor
B. Menghapus skor
C. Menambah skor
D. Menyimpan skor

Jawaban: A


38. Jika ingin memberi batas waktu 30 detik, maka set timer ke…
A. 60
B. 30
C. 10
D. Tak terbatas

Jawaban: B


39. Untuk menampilkan pesan akhir permainan, gunakan blok…
A. say
B. switch backdrop
C. stop all
D. change score

Jawaban: A


40. Untuk mengatur ulang semua nilai di awal, gunakan…
A. set skor to 0 dan set level to 1
B. reset timer
C. stop all
D. Semua benar

Jawaban: D


41. Blok broadcast digunakan untuk…
A. Mengirim pesan antar sprite
B. Menghapus variabel
C. Menambah nyawa
D. Menyembunyikan sprite

Jawaban: A


42. Jika pemain menyentuh musuh, maka nyawa bisa…
A. Bertambah
B. Berkurang
C. Tetap
D. Menambah skor

Jawaban: B


43. Untuk membuat sistem waktu naik (timer naik), gunakan blok…
A. change waktu by 1
B. change waktu by -1
C. set waktu to 0
D. hide waktu

Jawaban: A


44. Blok wait 1 seconds sering dipakai dalam…
A. Timer
B. Perulangan
C. Animasi
D. Semua benar

Jawaban: D


45. Untuk berpindah antar level secara otomatis, gunakan kombinasi…
A. if skor >= batas then broadcast "Next Level"
B. set skor to 0
C. hide variable skor
D. reset timer

Jawaban: A


46. Game akan lebih menarik jika disertai…
A. Efek suara dan musik
B. Warna hitam putih
C. Sprite diam
D. Tanpa skor

Jawaban: A


47. Level biasanya menunjukkan…
A. Jumlah pemain
B. Tingkat kesulitan permainan
C. Waktu permainan
D. Banyak sprite

Jawaban: B


48. Untuk menampilkan waktu tersisa di layar, gunakan…
A. Variabel timer
B. Variabel level
C. Variabel skor
D. Broadcast

Jawaban: A


49. Agar pemain tahu waktu hampir habis, tambahkan…
A. Efek suara peringatan
B. Nyawa tambahan
C. Sprite baru
D. Level baru

Jawaban: A


50. Sistem skor, level, dan timer digunakan agar game menjadi…
A. Lebih interaktif dan menantang
B. Membosankan
C. Lambat
D. Tidak bisa dimainkan

Jawaban: A




🧠 Bab 2 – Membuat Kuis Interaktif dengan Scratch


1. Apa tujuan utama membuat kuis interaktif di Scratch?

A. Untuk bermain musik
B. Untuk menampilkan animasi
C. Untuk menguji pengetahuan pengguna dengan cara interaktif
D. Untuk menggambar sprite

Jawaban: C


2. Komponen utama yang dibutuhkan dalam kuis interaktif adalah…

A. Sprite, backdrop, variabel, dan pesan
B. Hanya sprite
C. Hanya musik
D. Hanya backdrop

Jawaban: A


3. Pertanyaan dan jawaban di Scratch biasanya disimpan menggunakan…

A. Variabel
B. List (daftar)
C. Kostum
D. Broadcast

Jawaban: B


4. Blok ask [pertanyaan] and wait digunakan untuk…

A. Memberi perintah kepada sprite
B. Mengajukan pertanyaan ke pemain
C. Menghitung skor
D. Menampilkan pesan

Jawaban: B


5. Jawaban dari blok ask ... and wait disimpan di…

A. Variabel answer
B. Variabel score
C. Variabel input
D. List pertanyaan

Jawaban: A


6. Blok if <(answer) = [benar]> then digunakan untuk…

A. Menentukan apakah jawaban pemain benar
B. Menambah pertanyaan
C. Menghapus skor
D. Mengganti sprite

Jawaban: A


7. Untuk menambah poin jika jawaban benar, gunakan blok…

A. change skor by 1
B. set skor to 1
C. hide skor
D. reset skor

Jawaban: A


8. Agar program berpindah ke pertanyaan berikutnya, gunakan blok…

A. broadcast "next question"
B. stop all
C. hide variable skor
D. play sound

Jawaban: A


9. Blok say "Benar!" for 2 seconds digunakan untuk…

A. Menampilkan respons jika jawaban benar
B. Menambah skor
C. Menghapus sprite
D. Menjalankan suara

Jawaban: A


10. Untuk memberi tahu bahwa jawaban salah, gunakan…

A. say "Salah!"
B. change skor by -1
C. broadcast "ulang"
D. Semua benar

Jawaban: D


11. Agar kuis dimulai dari awal, gunakan blok…

A. when green flag clicked
B. stop all
C. broadcast "start"
D. forever

Jawaban: A


12. Skor pemain biasanya ditampilkan dengan…

A. Variabel skor
B. Sprite skor
C. List hasil
D. Backdrop skor

Jawaban: A


13. Jika ingin menambahkan lebih dari satu pertanyaan, cara terbaik adalah dengan…

A. Menggunakan list pertanyaan dan jawaban
B. Menulis blok ask berulang kali
C. Menggunakan satu variabel
D. Mengganti sprite

Jawaban: A


14. Fungsi join [Jawaban kamu: ] (answer) adalah…

A. Menggabungkan teks dengan jawaban pemain
B. Menampilkan pertanyaan
C. Menambah skor
D. Menghapus teks

Jawaban: A


15. Untuk menampilkan nilai akhir, gunakan…

A. say join [Skor kamu: ] (skor)
B. broadcast "finish"
C. show variable skor
D. Semua benar

Jawaban: D


16. “Feedback interaktif” artinya…

A. Pemain bisa memberi komentar
B. Game memberikan tanggapan otomatis terhadap jawaban
C. Pemain harus mengetik ulang pertanyaan
D. Sprite berhenti bergerak

Jawaban: B


17. Agar kuis tidak berulang terus, gunakan blok…

A. repeat until <pertanyaan selesai>
B. forever
C. stop all
D. hide all

Jawaban: A


18. Untuk menambahkan efek suara saat menjawab benar, gunakan…

A. play sound [benar] until done
B. broadcast "sound"
C. say "benar"
D. stop all

Jawaban: A


19. Untuk memulai pertanyaan baru setelah jawaban benar, gunakan…

A. broadcast "Next"
B. repeat
C. wait 2 seconds
D. reset timer

Jawaban: A


20. Fungsi broadcast dalam kuis adalah…

A. Mengirim pesan ke sprite lain
B. Menghapus variabel
C. Menambah pertanyaan
D. Mengatur warna

Jawaban: A


21. Blok “wait 1 seconds” sering digunakan untuk…

A. Memberi jeda antar pertanyaan
B. Menghitung waktu bermain
C. Menghapus skor
D. Menambah level

Jawaban: A


22. Kuis interaktif Scratch termasuk jenis game…

A. Edukasi
B. Petualangan
C. Balapan
D. Musik

Jawaban: A


23. Variabel nomorPertanyaan digunakan untuk…

A. Menentukan urutan pertanyaan
B. Menyimpan skor
C. Menyimpan jawaban
D. Menyimpan nama pemain

Jawaban: A


24. Agar kuis menampilkan skor akhir, gunakan kombinasi…

A. say join [Skor akhir: ] (skor) dan stop all
B. repeat until
C. forever
D. broadcast "mulai"

Jawaban: A


25. Jika pemain menjawab salah, kita bisa membuat sprite…

A. Berkata “Salah!”
B. Mengeluarkan suara buzzer
C. Tidak menambah skor
D. Semua benar

Jawaban: D


26. Untuk membatasi jumlah pertanyaan, gunakan blok…

A. repeat (jumlahPertanyaan)
B. forever
C. broadcast "selesai"
D. stop all

Jawaban: A


27. Untuk menampilkan nama pemain, buat variabel bernama…

A. nama
B. pemain
C. input
D. Semua benar

Jawaban: D


28. Blok “ask [Siapa namamu?] and wait” digunakan untuk…

A. Menyimpan nama pemain
B. Menampilkan pertanyaan
C. Menghapus jawaban
D. Mengatur skor

Jawaban: A


29. Untuk menambahkan pertanyaan baru, sebaiknya…

A. Menambah elemen baru pada list
B. Mengganti sprite
C. Menghapus variabel
D. Membuat blok baru

Jawaban: A


30. Agar tampilan kuis menarik, tambahkan…

A. Backdrop dan sprite pendukung
B. Banyak teks
C. Timer panjang
D. Sprite kosong

Jawaban: A


31. Jika pemain menjawab cepat, bisa diberikan…

A. Bonus skor
B. Penalti
C. Waktu tambahan
D. Tidak ada efek

Jawaban: A


32. Untuk memberi batas waktu menjawab, gunakan variabel…

A. Timer
B. Skor
C. Level
D. Jawaban

Jawaban: A


33. Jika waktu habis sebelum menjawab, maka…

A. Jawaban dianggap salah
B. Skor bertambah
C. Game berhenti
D. Timer direset

Jawaban: A


34. Fungsi reset timer adalah…

A. Mengatur waktu ke 0
B. Menghapus variabel
C. Menghentikan skor
D. Mengganti pertanyaan

Jawaban: A


35. Untuk memastikan jawaban tidak sensitif huruf besar-kecil, gunakan operator…

A. to lower case (dengan ekstensi tambahan)
B. =
C. join
D. contains

Jawaban: D


36. Agar kuis tidak berhenti di tengah, gunakan struktur…

A. repeat until
B. forever
C. broadcast
D. stop all

Jawaban: A


37. “User-friendly” berarti…

A. Mudah digunakan pemain
B. Rumit dijalankan
C. Hanya untuk ahli
D. Tidak ada tampilan

Jawaban: A


38. Fungsi utama list jawabanBenar adalah…

A. Menyimpan semua jawaban benar untuk dicocokkan
B. Menyimpan skor
C. Menyimpan waktu
D. Menyimpan pertanyaan

Jawaban: A


39. Jika pemain menjawab semua pertanyaan, game akan…

A. Menampilkan skor akhir
B. Restart
C. Diam saja
D. Menambah pertanyaan baru otomatis

Jawaban: A


40. Untuk menghapus semua data skor sebelum kuis dimulai, gunakan…

A. set skor to 0
B. delete all of [list]
C. reset timer
D. Semua benar

Jawaban: D


41. Untuk membatasi durasi kuis (misal 60 detik), gunakan…

A. Variabel timer
B. wait 60 seconds
C. broadcast "end"
D. hide all

Jawaban: A


42. if <answer = item (nomorPertanyaan) of [jawabanBenar]> then artinya…

A. Membandingkan jawaban pemain dengan kunci jawaban
B. Menghapus list
C. Mengatur skor
D. Mengganti pertanyaan

Jawaban: A


43. Untuk membuat kuis yang bisa diulang, tambahkan…

A. broadcast "ulang" di akhir
B. stop all
C. wait 10 seconds
D. hide sprite

Jawaban: A


44. Untuk menampilkan hasil akhir dengan nilai A/B/C, gunakan blok…

A. if then else
B. join
C. say
D. Semua benar

Jawaban: D


45. Jika ingin menampilkan suara berbeda untuk benar dan salah, gunakan…

A. Dua blok play sound berbeda
B. Satu blok saja
C. Variabel sound
D. reset timer

Jawaban: A


46. Kuis interaktif termasuk contoh penerapan…

A. Algoritma percabangan
B. Looping tanpa akhir
C. Variabel konstanta
D. Sprite pasif

Jawaban: A


47. Tujuan penggunaan list dalam kuis adalah…

A. Menyimpan banyak data pertanyaan dan jawaban
B. Menyimpan satu nilai
C. Menghapus sprite
D. Mengganti backdrop

Jawaban: A


48. Blok “next costume” bisa digunakan untuk…

A. Mengganti tampilan sprite tiap pertanyaan
B. Mengganti pertanyaan
C. Menghapus skor
D. Mengatur ulang timer

Jawaban: A


49. Untuk menampilkan hasil total pertanyaan dan benar dijawab, gunakan…

A. say join [Benar:] (skor) join [ dari ] (jumlahPertanyaan)
B. hide variable skor
C. broadcast "end"
D. set skor to 0

Jawaban: A


50. Tujuan akhir dari membuat kuis interaktif di Scratch adalah…

A. Mengasah logika dan kreativitas dalam pemrograman
B. Membuat game aksi
C. Menggambar sprite
D. Mengedit musik

Jawaban: A




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

rangkuman tentang jaringan internet dan komputer

Liputan Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW